Selasa, 03 Januari 2012

Sejarah Email

Surat Elektronik Sudah Mulai dipakai di Tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk, 'mainframe' Yang ada hanyalah kumpulan Yang terbentuk sebagai Jaringan. Mulai tahun1980-an, surat Elektronik Sudah Bisa dinikmati oleh khalayak Umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di Berbagai Negara menurun penghasilannya disebabkan Masyarakat Sudah Tidak memakai jasa pos lagi.


Anatomi Ratel, sebagai contoh:



Keterangan:
emailsaya: nama kotak surat (mailbox) atau Nama Pengguna (username) Yang Ingin dituju Dalam, mailserver§
surabaya.vibriel.net.id: nama mailserver Tempat Pengguna Yang dituju, rinciannya:§
surabaya: subdomain (Milik Pemegang Nama domain), biasanya merujuk ke suatu Komputer Dalam, Lingkungan PEMILIK domain penuh§
vibriel: nama domain, biasanya menunjukkan Nama perusahaan / Organisasi / perorangan (Vibriel)§
bersih: domain tingkat kedua, menunjukkan bahwa domain ini Termasuk Kategori jaringan (bersih)§
id: top level domain, menunjukkan bahwa domain ini Terdaftar di otoritas domain Indonesia (id)§


METODE Pengiriman
Untuk mengirim surat Kita memerlukan suatu Elektronik program mail-client. Surat Elektronik Yang Akan Kita kirim melalui beberapa poin Sebelum Sampai di tujuan.Lebih jelasnya lihat untuk diagram dibawah.

Contoh Yang dipakai adalah layanan SMTP murah POP3.


Saya menulis surel → e-mail client (di Komputer Saya) → SMTP server penyedia e-mail Saya → Internet → POP3 server yang penyedia e-mail penerima e-mail client → (di Komputer si penerima) → surat dibaca si penerima


Terlihat surat Elektronik Yang Terkirim Hanya melalui 5 poin (selain Pengirim Komputer murah penerima). Sebenarnya Lebih Dari ITU sebab setelah surat Elektronik meninggalkan POP3 Server Maka Akan ITU BANYAK melalui server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat Elektronik Yang Kita kirim disadap Orang lain. Maka Dari ITU Bila surat Elektronik Yang Kita kirim mengandung isi Yang Sensitif sebaiknya melakukan tindakan pencegahan Kita, DENGAN mengacak (enkrip) data Dalam, surat Elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, Sertifikat digital, murah lain-lain)

Tidak ada komentar: