Selasa, 03 Januari 2012

Sejarah Futsal

Futsal mulai di Montevideo, Uruguay, pada tahun 1930, ketika Juan Carlos Ceriani membuat versi sepak bola untuk kompetisi di YMCA. Di Brazil, versi ini dikembangkan di jalanan Sao Paulo, dan, akhirnya, sebuah buku peraturan diterbitkan. Olahraga mulai menyebar ke seluruh Amerika Selatan, dan popularitas yang memastikan bahwa sebuah badan pemerintahan dibentuk di bawah nama FIFUSA (Federación Internacional de Futbol de Salón) pada tahun 1971, bersama dengan Kejuaraan Dunia. Kejuaraan Dunia pertama diselenggarakan di Río de Janeiro, Brasil dengan host dimahkotai juara depan Paraguay. Negara bahkan lebih berpartisipasi di Kejuaraan Dunia kedua yang diadakan di Las Vegas pada awal 2000-an.

Karena sengketa antara FIFA dan FIFUSA atas administrasi futbol, ​​FIFUSA diciptakan kata Fut-sal pada tahun 1985. Amerika Serikat Federasi Futsal, adalah Asosiasi Nasional pertama yang menyebut dirinya "FUTSAL" (September 3, 1986 - Amerika Serikat, California Art of Incorporation) setelah mengambil tanda hubung keluar dari nama yang digunakan oleh FIFUSA dan telah FIFA FUTSAL menggabungkan nama dalam Pasal 27 status pada tahun 1989.


FIFA mengambil kontrol dari Kejuaraan Dunia pada tahun 1989. Berdasarkan aturan baru yang dibuat oleh FIFA, aspek teknis dari permainan untuk pemain dan penonton ditingkatkan. Para hakim garis diganti dengan wasit kedua, dan ada penggantian terbatas. [4] Hal ini juga memperkenalkan ukuran 4 sepakbola, yang tertimbang untuk mengurangi bouncing dengan 30% dibandingkan dengan bola konvensional, yang memungkinkan bermain lebih cepat dan, untuk pertama waktu, mencetak gol dengan kepala.


FIFA hubungan dengan asosiasi anggotanya memungkinkan lebih banyak negara untuk mendapatkan pengetahuan dan sumber daya tentang futsal [3]. FIFA segera mulai mengelola permainan sepak bola dalam ruangan sendiri, hosting pertama FIFA Kejuaraan Dunia Sepakbola Indoor pada tahun 1989 di Rotterdam, Belanda.Pada tahun 1992, itu adalah FIFA Lima-a-Side Kejuaraan Dunia (Hong Kong), dan, sejak tahun 1996, telah disebut FIFA Futsal World Championship. Berkat peningkatan jumlah negara yang berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia Futsal FIFA diselenggarakan pada tahun 2000, dominasi Brasil dalam kompetisi itu berakhir oleh Spanyol.


Pada tahun 2004, anggota PANAFUTSAL (La Confederación Panamericana de Futsal, Pan-Amerika Futsal Konfederasi) membentuk AMF (Asociación de Futbol Mundial de Salón, Dunia Futsal Association), sebuah badan internasional futsal independen dari FIFA. Kedua FIFA dan AMF terus mengelola permainan.

Tidak ada komentar: