Senin, 15 Februari 2010

Biobag, Kantong Plastik Ramah Lingkungan …

Biobag adalah sejenis kantong plastik yang ramah lingkungan. Adalah perusahaan asal Norwegia yang melakukan inovasi melalui percobaan selama 10 tahun oleh seorang professor asal Norwegia.

Kemajuan bioteknologi telah membuktikan bahwa dari bahan baku yang tak pernah terpikirkan sebelumnya kini menjadi bahan sangat berguna. Misalnya saja, dari kulit ari jagung yang mengkilat itu, sebuah perusahaan di Amerika mampu menciptakan layer pengganti LCD dari silicon. Bisa jadi, layer computer atau layer Plasma TV atau layer HP anda sebenarnya bahan bakunya adalah kulit jagung. Menurut penciptanya, yakni Dupont, layar LCD dari jagung tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga tahan lama bahkan kelenturann! ya melebihi LCD yang terbuat dari silicon.

Biobag tak ubahnya dengan kantong plastik pada umumnya. Bentuknya seperti kantong kresek. Biobag ini seratus persen terurai, tidak seperti produk ramah lingkungan yang lainnya. Rahasianya terletak pada bahan baku Biobag yang terbuat dari kulit jagung dan komposisi bahan lainnya yang seratus persen bisa terurai dan berubah menjadi kompos yang menyuburkan. Produk Biobag ini tidak seperti kantong plastik biasa yang terbuat dari bensin tidak sangat sukar terurai dalam tanah.

Mengapa tidak berbau? Adalah pori-pori yang dimiliki Biobag sehingga memungkinkan sirkulasi udara di dalamnya. Sampah yang disimpan di dalam Biobag tidak mengembun, sesuatu yang menimbulkan jamur berbau busuk. Biobag mempunyai pori pori yang memungkinkan sirkulasi udara. Sampah organik yang ditaruh dalam kantong ini tidak membusuk malah mengering. Ia mampu meredam bau sampah.

Karena keistimewaan inilah, kantong biobag jika dipergunakan untuk kantong sampah bisa menghemat biaya pengangkutan karena sampah organik mengering dan menyusut sampai 50 persen setelah tujuh hari disimpan . Tidak hanya itu, jika ditaruh ditempat pembuangan sampah, biobag akan berubah menjadi kompos dalam tempo 10 hingga 45 hari jika ditaruh ditanah. Sudah pasti kompos tidak menimbulkan bau busuk yang menusuk hidung.

Biobag ini tidak hanya untuk kantong sampah, namun bisa digunakan untuk menyimpan makanan sehingga bisa tahan lama sampai dua bulan jika dimasukkan ke dalam lemari es. Ikan dan daging misalnya, akan tetap segar jika dibungkus dengan biobag dan tidak lengket, tidak seperti kantong plastik biasa. Ini sangat mempermudah proses pencairan bahan makanan yang dibekukan.

from :erabaru.or.id
sumber :http://samsul-arifin.math.web.id/2008/01/23/biobag-kantong-plastik-ramah-lingkungan/

Tidak ada komentar: