Minggu, 13 Februari 2011

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Implementasi jaringan komputer pada :

a. Dunia Bisnis

Pada dunia bisnis jaringan komputer biasanya digunakan untuk menghubungkan suatu induk perusahaan dengan anak perusahaan. Untuk efektifitas dalam waktu maka anak perusahaan tidak perlu datang untuk menyampaikan laporan ke induk perusahaan, dengan adanya jaringan komputer tersebut maka induk perusahaan dapat secara langsung memantau anak perusahaan. Selain itu pada suatu gedung atau area perusahaan juga digunakan jaringan komputer ini untuk mempermudah proses transaksi data dari satu orang ke orang lain.

b. Mobile User

Jaringan komputer yang digunakan oleh mobile user biasanya digunakan untuk suatu komunitas. Dalam berinteraksi antar sesama anggota biasanya suatu komunitas menggunakan suatu jaringan komputer.

c. Rumah

Jaringan komputer yang digunakan di rumah biasanya merupakan jaringan komputer sederhana. Dari satu server dihubungkan ke beberapa lokasi misalnya kamar dan dapat juga menggunakan wifi sebagai sarananya. Adapun jaringan komputer antar rumah yang menghubungkan satu rumah denga rumah yang lain. Biasanya jaringan komputer seperti ani digunakan di komplek-komplek perumahan yang menggunakan akses internet LAN.

d. Bank

Jaringan komputer yang digunakan bank cukuplah rumit. Dari satu cabang menggunakan jaringan komputer dengan server sendiri, kemudian dihubungkan kembali dengan server pusat. Data yang dimasukkan di kantor cabang kemudian disimpan di data kantor cabang, tetapi tidak hanya masuk ke data kantor cabang saja kemudian data tersebut juga secara otomatis masuk ke data kantor pusat.



Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

Tidak ada komentar: