Rabu, 06 April 2011

Provinsi Kalimantan Timur

Kalimantan Tinur merupakan sebuah provinsi yang terletak di timur pulau Kalimantan (pulau Borneo). Wilayah Kalimantan Timur merupakan provinsi dengan luas wilayah kedua terluas di Indonesia, dengan luas mencapai 211.440 km² atau satu setengah kali pulau Jawa dan Madura, sebagian besar merupakan daratan yakni 20.039.500 Ha. (81,71%), sedangkan lautan hanya 4.484.280 Ha. (18,29%). Daerah yang terkenal sebagai gudang kayu ini mempunyai ratusan sungai yang tersebar di hampir semua kabupaten dan kota dengan sungai terpanjang Sungai Mahakam.

Ibukota provinsi Kalimantan Timur adalah Samarinda yang terletak di tepi Sungai Mahakam. Samarinda dapat dicapai lewat darat dan udara, meskipun harus transit di Kota Balikpapan yang merupakan tempat beradanya Bandara Internasional Sepinggan.

Wilayah Kalimantan Timur ini cukup kaya dengan hasil hutan karena lokasinya yang sangat subur. Lokasinya juga sangat strategis dalam hal perdagangan karena jalur ekspor impor yang melewati laut cina selatan akan secara langsung melewati kawasan kalimantan timur.

Tidak ada komentar: