Senin, 11 Juni 2012

Komunikasi


Komunikasi pada hakikatnya adalah kegiatan menyampaikan informasi dari pembicara kepada pendengar/lawan bicara. Kegiatan tersebut tidak hanya menyampaikan informasi saja, tetapi membuat informasi tersebut dapat dimengerti dan si pendengar memberikan tanggapan. Komunikasi merupakan hal mutlak yang dilakukan setiap orang. Baik komunikasi lisan maupun komunikasi tertulis. Komunikasi lisan lebih sering dilakukan secara spontan dan terkadang tidak terkonsep.
Komunikasi lisan biasa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Sedangkan komunikasi lisan yang terkonsep terlebih dahulu, misalnya pidato, seminar, ataupun tanya jawab. Untuk komunikasi tertulis biasa dilakukan dalam bentuk surat, dokumen, paper, makalah, short message service dan lain sebagainya. Komunikasi tulis terlihat lebih rapid an terkonsep karena pada saat penulisan biasanya menggunakan aturan baku penulisan yang ada.
Namun, pada akhirnya baik komunikasi lisan maupun komunikasi tertulis adalah menyampaikan informasi kepada lawan bicara untuk memperoleh tanggapan.

Tidak ada komentar: