Rabu, 19 Mei 2010

Manfaat Pajak bagi Masyarakat

Pajak, sebagai salah satu sumber penerimaan terbesar negara, telah banyak memberi manfaat. Beberapa pengeluaran pemerintah menggunakan dana pajak di antaranya belanja pegawai dan pembiayaan pembangunan sarana umum seperti jalan, jembatan, rumah sakit, hingga kantor polisi.

Pendidikan juga menjadi sektor yang mendapatkan alokasi pajak. Penyaluran di antaranya melalui program bantuan operasional sekolah (BOS), wajib belajar sembilan tahun gratis, penyediaan alat tulis, buku pelajaran, renovasi sekolah, serta beasiswa. Dengan langkah ini diharapkan kualitas pendidikan lebih meningkat. Ini juga sebagai cara agar masyarakat ekonomi lemah memperoleh kesempatan bersekolah.

"Manfaatnya yang dapat dirasakan sampai ke lapisan masyarakat terkecil khususnya pendidikan untuk di sekolah-sekolah yaitu dengan adanya pendidikan gratis dimana anak-anak ini sudah menikmati," kata Syahdinar, Kepala Sekolah SDN BENDUNGAN HILIR 01 Jakarta.

Masyarakat pun berharap upaya Ditjen Pajak menggali potensi perpajakan di Indonesia terus berkesinambungan agar masyarakat hingga ke pelosok Negeri dapat merasakan manfaatnya. Karena cara ini sekaligus meningkatkan rasa percaya para wajib pajak terhadap kinerja dan manfaat atas uang yang telah mereka keluarkan untuk negara selama ini.

Namun masih sedikit sekali manfaat pajak yang dapat dirasakan oleh orang yang dibawah garis kemiskinan. mereka tidak pernah mengerti dan tidak tahu akan arti serta peranan pajak serta mereka pun tidak dapat merasakan manfaat yang didapt dari pajak tersebut. oleh karena itu pajak hendaknya dibagi secara proporsional agar semua golongan di negeri ini dapat merasakan manfaat dari pajak tersebut.

referensi : http://berita.liputan6.com/lainlain/200806/160834/class=%27vidico%27

Tidak ada komentar: